17.8.07

Semangat, Nasionalisme-Patriotik & Sabun Cuci!!!

For the first line, saya pengen semua orang tau bahwa HIDUP AKAN LEBIH MENYENANGKAN KALO KITA JALANI DENGAN SEMANGAT & OPTIMIS. Bagi Anda yang konservatif, ga apa-apa… terkadang kita belum siap nerima perubahan dan perkembangan zaman yang makin menggila ini, asal jangan terlalu ekstrim mem-portal informasi , karena hanya akan bikin kita pesimis.

Beberapa bulan terakhir saya ngalamin kemunduran hidup, tidak terima keadaan sendiri, merasa hidup saya tidak berguna, buntut-buntutnya jadi membatasi pergaulan. Hh! Istilah minder telah menancap dalam fisik saya, mengurangi waktu bersama teman-teman, mengurangi waktu buat mengurus diri, (jarang mandi-pun.. ehek-ehek!) tapi syukur waktu itu saya masih sering beribadah, jadi ke-tidak siapan menerima keadaan-pun saya jalani dengan tabah. (cieeeee! Tai!)

Hingga suatu saat, seperti biasa setiap sore saya berjalan… Saya dapet 3 hal yang mungkin bisa jadi pelajaran… Begini ceritanya… (jeng-jeng-jeeeng….)

Dari kejauhan tampak Bapak pedagang susu kpbs langganan saya, menantang jalanan yang macet, terus berjalan dengan otot-ototnya yang udah keriput. Begitu berpapasan, beliaupun menyapa saya tanpa ngos-ngosan sedikitpun. Padahal kalau dipikir-pikir dalam sehari beliau mendorong beban gerobak birunya berkeliling bandung, dengan usia sekitar 65-70an sepertinya mustahil, tapi beliau sanggup ngebuktiin pada saya, kalo jasad dan usia ga ngaruh sama skali terhadap kehidupan kita, selagi masih ada nafas, selagi orang-orang masih minum susu kpbs, kenapa engga?! Salute! Ga jauh kemudian saya liat di angkot yang entah penumpang atau kondektur, yang jelas beliau duduk persis dibangku pintu belakang angkot, belagak muda… Padahal raut mukanya ngeliatin kalo dia berumur sekitar 60tahunan. Gile! Lagaknya kaya anak muda banget, teriak-teriak di jalanan yang macet, “yaheum-yaheum…” (cicaheum maksudnya)

Gila! Para kakek sejati…

Yang terakhir saya ketemu sama Pak Asep kenalan saya. Ga nyangka juga ternyata dia juga bisa bekerja, saya liat dia lagi dorong gerobak nasi goreng milik orang lain. Pak Asep yang tidak waras itupun dibayar beberapa perak sama yang punya gerobak nasi goreng lesehan tadi.

Usia dan atau keterbatasan mentalpun bukan halangan. Manusia bekerja, manusia butuh makanan dan kemudian bekerja demi makanan.

Oke! That’s the answer! Saya kembali pada diri saya… yang masih 20-an tapi ga punya semangat hidup ini-pun tersenyum simpul. Bukan peristiwa besar tapi mampu membuat tarikan garis baru dalam ruang fikir saya.

Akhirnya lahir ide baru bagi saya yang kebetulan sedang sibuk mikirin tugas kuliah tentang iklan produk sabun cuci. Sebuah produk lama yang kalah saing sama pesaing-pesaing jaman sekarang, persis seperti saya yang telah dikalahkan oleh bapak-bapak tadi, bahwa usia tua-pun masih bisa menang!

Ya! SEMANGAT MENGALAHKAN FISIK (curhat nih!) seperti print Ad dibawah ini!

Model : Bpk. Soemakri.

Sebelumnya saya minta maaf pada Bpk. Soemakri. Saya belum sempet bilang kalo foto ini dipake buat iklan (untung cuma tugas). Tapi saya janji kalo iklan ini dibeli sama produknya langsung, saya bakal bayar kontrak Bpk. Soemakri sebagai model. Hahahah! Sapa tau! Ya gak?!

Tadinya foto ini ga pernah direncanain sama skali… Kebetulan banget abis nemenin temen ke Braga Festival (pameran foto, model candid, etc) bertema budaya. Sempet mampir ke museum Asia Afrika liat video dokumenter Deklarasi Negara-negara Non block. Sampai akhirnya makan es cendol Elizabeth, yang kemudian mempertemukan kamera yang saya pegang dengan seorang bapak tua yang lagi berpakain seragam tentara sembari bernyanyi “Gundul-gundul pacul-cul, gembelengan…”

Saya sempet ngobrol sama tukang es cendol Elizabeth itu, katanya Bpk. Soemakri tuh kuncen daerah sini, asli dari daerah Jawa Tengah sana (ga tau persisnya dimana). Tadinya beliau seorang PNS dan berhasil nyekolahin anak-anaknya ampe sukses, tapi beliau tetap punya cita-cita terpendam yang ga kesampaian, pengen jadi tentara. Beliau sangat disegani walaupun terlihat berbeda dari kakek-kakek lainnya yang mungkin ga seunik Bpk. Soemakri. Fisik ga ngalangin niatnya buat jadi pejuang meski jadi tukang parkir. “Tapi jangan salah! Lalu lintas daerah sini dia yang ngatur lho!” kata mang es cendol.

Walaupun cita-citanya ga kesampaian jadi pahlawan, tapi buat saya, Bpk.Soemakri merupakan orang penting, pahlawan kelas tinggi.

Nah! Berhubung problem produk yang saya garap ini persis dengan kasus-kasus yang saya temukan, maka lahirlah keyword berupa : semangat, nasionalisme-patriotik. (seni ide… wahahahah!)

Oke! That is 2 kind of my freakin’ idea! Masih ad 2 varian lagi, tapi kalo mau liat silakan kontek saya! Dan silakan bantah, maki ato ngasi rejeki.. bwehehe!

Cukup sekian… Wassalam!